Kaasstengels

Assalamualaikum~

Waaaa Asti produktif yaah udah ngepost lagi wkwk mumpung lagi liburan dan masi inget bahan apa aja yang mau di bahas di sini DAAAAAN sebelum berpisah sama laptop nih karena minggu depan diriku mudik ke Kutoarjo-ku tercintaaaa ❤️ sebenarnya bisa-bisa aja si bawa laptop, cuma aku ngerasa ribet aja karena mudik kali ini bakal naik kendaraan umum dan kalo aku bawa laptop kayaknya akan sangat tidak berbaur dengan sepupu-sepupu di sana nanti, jadi tar aku palingan apdet wordpress lewat app di handphone (cailah sama aja lu main gadget, mau berbaur gimana As -_- EHEHE) yang lumayan ribet ngatur-ngaturnya. Jadi, mau dimaksimalin semoga minggu ini kelar target-target aku buat apdet post seru di wordpressku tersayaangz 😘

Btw, aku ngetik di ruang tamu nih yang biasanya di kamar. Sinyal Wi-fi nya tumben kaga nyampe kamarku, jadi ku harus turun ke bawah mendekatkan diri dengan sumber wi-fi 😂 btw lagi nih, si Justify -nya kok ga otomatis gitu ya? Pasti tiap enter masuk paragraf baru balik lagi jadi Align Left, kenapa ya? Jadi cukup gatal aku ingin segera edit biar ngetiknya rapi gitu (sosoaaan rapi padahal masi sering typo 😂). Btw lagi nih, hari ini diriku bikin kue kering lageee! Sesuai dengan judul postnya, aku bikin Kastengel/Kaasstengels (orang Belanda sono nulisnya begini yee) alias kue kering keju dengan resep ala Ibun~

IMG_20170123_143701
Pas tau pada suka sama kue nastar buatan aku kemaren …. aaaaa alhamdulillah 😳 (cr on photo)

Semua ini berawal dari positifnya respon keluarga akan hasil nastarku kemaren, Ibun jadi kepengen aku bikin kastengel, akupun gabut sih liburan ini jadi aku mengiyakan. Ibun bilang bakal beliin semua bahan bikin kastengel dan semua itu hanya menjadi wacana (WKWKWK), karena jadi aku yang beli semua bahan bareng Sena. WKWK gapapa Bun, asal Ibun senang aku juga senang 🙏 Bahan-bahannya Alhamdulillah mudah didapat kook di supermarket atau di toko bahan kue deket rumah temen-temen pasti ada. Bahan-bahannyaaa, yaitu :

  1. 200 gram butter Wijsman
  2. 100 gram margarin
  3. 2 buah kuning telur untuk campuran adonan
  4. 2 buah kuning telur untuk olesan kue kering
  5. 120 gram keju edam
  6. 100 gram keju cheddar
  7. 400 gram tepung terigu protein rendah (alias tepung terigu Kunci Birunya Bogasari)
  8. 2 sdm susu bubuk full cream

Gimana nih bahannyaa? Udah pada punya kaan? Mungkin kalo margarin, telur, keju cheddar, dan susu bubuk udah pada punya yaak, tapi untuk butter Wijsman, keju edam, dan si tepung protein rendah mungkin masih pada belum punya sama kayak aku hehee. Makanya aku sama Sena langsung caw pagi-pagi pergi ke toko bahan kue dan lanjut ke supermarket buat mencari bahan-bahan. Pertama kami ke toko bahan kue, ternyata mereka punya si Wijsman dan si Edam. Eh pada tau kaan apa itu butter Wijsman? Butter Wijsman itu hasil olahan dari susu yang difermentasikan dan diambil lemak susunya (cmiiw). Butter Wijsman ini emang terkenal jadi bahan campuran dalam berbagai kue kering supaya dapet tekstur renyah dan lembut di mulut (renyah tapi lembut, gimana ya? Yaa gitu deh pokonya 😰) dan Wijsman ini beda ama butter-butter yang lain yaak (sepertinya beda juga sama butter yang aku pake kemaren buat nastar). Mungkin karena dia bawa merek (Wijsman itu merek ya gengs, tar aku cantumin fotonyaw) jadi orang-orang kalo mau beli si butter ini bilangnya, “Mau beli Wijsman *** gram”, begituuu~ Gengs, kalo aku ada salah ngasih info, bilang aja yaak di kolom komentar. Aku cuma tau seadanya nih soal butter apalagi udah spesifik ama merek. Sharing yaaak gengs yang pada tauu 😉

OpenCanWijsmanButter-1
Butter Wijsman (http://www.bakerymagazine.com)
edam
Keju Edam (http://blog.cheesemaking.com)

Selain dapet si Wijsman, aku juga dapet keju edam di toko bahan kue tersebut. Keju edam-nya udah di potongin sesuai dengan gram yang kita mau. KALIAN HARUS TAU YAAAA aku kan baru pertama nih beli Wijsman ama edam sendiri. Yauda aku beli Wijsman 200 gram sama edam 150 gram. Datanglah si Bapak yang ngebungkusin semua bahan yang aku beli dan mulai menghitung pake kalkulator. Si aku udah siap megang duit 50K karena kemarenan belanja kaga lebih dari 50K. EEEHHH pas aku liat beliau ngitung, kok dia masukin nominalnya ampe puluhan ribu kayak 35 dan 44 ribu gitu. Pas di total ternyata hasilnya ……………. Rp. 83.500,- untuk Wijsman dan keju edam. WHAT THE ………. aku disitu terdiam sejenak dan ngerasa malu cuma ngeluarin uang 50K doang. Buru-buru dah aku buka dompet nyari 50an lagi biar pas jadi 100K. Setelah dapet kembalian aku langsung terdiam di motor dan nyuruh Sena untuk melaju ke supermarket buat beli tepung. Asliaaaaaaaan deh, aku gatau kalo si Wijsman ama edam bisa semahal itu T^T padahal gram-nya ga gede banget (apa segitu udah luamayan yah?) aaaaaaaaa tapi ini bisa jadi pengalaman buat aku kalo mau usaha kastengel harus jual segimana biar sesuai ama modal yang aku keluarin :’)

Lanjuuuut! Aku ama Sena nyampe di supermarket depan Riung Bandung buat beli tepung kunci biru sesuai ama resep Ibun. Btw pada tau ga kenapa harus pake tepung terigu kunci biru? Sebenarnya aku juga gatau WKWK karena kemaren pas bikin nastar si aku pake segitiga biru dan itu hasilnya masih bagus bagus aja buat kue kering (nastra kue kering kan?) cuma yaa teksturnya nastar kan ga serenyah kastengel yak, si doi lebih lembut gitu beda ama kastengel yang kalo dimakan lebih renyah. Mungkin itu yang ngebedain kenapa harus pake tepung kunci biru. Tepung kunci biru ini tepung produksi Bogasari yang punya protein rendah. Tepung ini emang dikhususkan untuk membuat kue kering dengan tekstur renyah dan ga cocok buat bikin roti yang adonannya lebih elastis dan kenyal (mengingatkanku kalo nastar kan emang butuh tekstur elastis biar gampang dibentuk hmmm noted! 📝). Menurut salah satu website yang aku baca (sumber aku tulis diakhir tulisan yak), tepung terigu berprotein rendah ini punya kelebihan, yaitu lebih tahan lama dalam penyimpanannya. Makanya, makanan yang terbuat dari tepung terigu ini ga mudah berjamur. So that’s why si kue-kue lebaran yang dijual dipasaran tuh bisa tahan ampe 6 bulanan, gitu geeengs 😋

kunci-biru-4_6877_id
Tepung Kunci Biru Bogasari (http://www.bogasari.com/product/brand/kunci-biru)

Setelah mendapatkan semuaaaaa bahan yang aku butuhkan, aku dan Sena balik ke rumah dan aku langsung ngolah bahan-bahan dibantu sama Mba Imah dan Sekar. Cara bikinnya segampang nyari bahannya kok! Pertama campur margarin, butter Wijsman, dan kuning telur ampe merata (aku pake egg whisk dan rubber spatula pas bikin nastar dan kastengel ini), trus masukin keju cheddar dan keju edam yang udah diparut kedalam adonan dan masukin susu bubuk dilanjut tepung terigu. Kalo di rasa udah ga sanggup nyampur pake egg whisk ato rubber spatula, pake tangan aja lebih gampang gengzz. Setelah semua tercampur merata, adonan diambil dan diratakan pake roller atau kalo aku mah pake botol bekas sirop WAHAHAHAAAA itu berguna loh asli, tinggal bungkus pake plastik bening trus tepungin permukaan botolnya. Kalo udah dianggap rata ga tebel ga tipis, cetak pake cetakan kue. Terserah mau bentuk kotak panjang ato kalo Sekar pake cetakan bintang, bulan, hati, dan bunga.

Jpeg
Berantakan! Proses bikin kastengel enak nih, bersih koook jamin 🙆
Jpeg
Adonan kastengel yang udah dibentuk ^^
Jpeg
Siap masuk ke oven! Ovennya masih sama kayak waktu bikin nastar kook WKWK

 

Jangan lupa buat oles permukaan kuenya pake hasil kocokan kuning telur biar mengkilap daan yang paling penting adalah taburan dari keju cheddar yang udah di parut. Biar makin kerasa kejunyaa hihiii 😋 OIA! Loyangnya jangan lupa diolesin margarin yee biar ga lengket kuenyaaw. Trus masukin deh ke oven dan tunggu ampe jadi kuning keemasan. Kue Kastengel siap di masukin ke toples-toples kosong di rumah kaliaaan ^^

Jpeg
Siapa yang maoooo, kastengel enyak renyah halal dan nikmat! 🙋

Pas buka puasa pada nyobain kaan si kue kastengelku ini dan Bapan, Ibun, Sena, Sekar, sama Mba Imah pada suka sama rasa dan tampilannya, Alhamdulilah 👼 Padahal ada yang gosong gara-gara aku sama Mba Imah sibuk beberes rumah, tapi aku sembunyiin dipaling bawah 😂 Alhamdulillah hasilnya sesuai dengan apa yang aku harapkan, tekstur renyahnya dapet dan asinnya pas, ga giung koook asli deh. Nyobain yuk sinii hehee

Semoga hasil masakanku hari ini bisa menginspirasi kalian buat bikin kue kastengel juga yaak di rumah masing-masing. Selain bisa ngisi waktu libur, ngisi waktu nunggu maghrib, bikin kue bisa jadi penghilang stress, ningkatin skill masak, dan bisa jadi tempat ngobrol seru sama anggota keluarga di rumah. Selamat mencoba dan selamat makan kastengel semuanyaaaa 🧀

Wassalamualaikum!

Source : http://emaksuper.com/mengenal-3-jenis-tepung-terigu-dan-kegunaannya/

Leave a Reply

